Bisnis E-Commerce

Yuk, Berkecimpung Dalam Bisnis E-Commerce

Kepopuleran ponsel pintar berjalan beriringan dengan melejitnya bisnis E-Commerce. Karena bisnis E-Commerce dilakukan via internet, keberadaan gawai tersebut memudahkan aksesnya. Tidak hanya konsumen, pembisnis E-Commerce pun dapat mengaksesnya tanpa pusing. Bagi anda yang ingin mencari uang tambahan atau memulai bisnis baru, ranah E-Commerce bisa menjadi alternatif yang baik.

Bisnis E-Commerce

Mengapa E-Commerce?

Karena bisnis dijalankan via internet, pengusaha dapat menjalankan bisnis sefleksibel mungkin. Selain itu, lahan konsumen yang didapat juga lebih luas. Iklan-iklan yang terpasang dalam media sosial cenderung lebih diingat konsumen karena masyarakat zaman sekarang lebih terpaut dalam dunia maya ketimbang dunia nyata. Dengan strategi marketing yang baik, pengusaha dapat mengembangkan sayap hingga jangkauan internasional dalam hitungan bulan.

Keuntungan E-Commerce

Bisnis E-Commerce jelas-jelas memberikan kemudahan yang tiada duanya. Namun, ada juga beberapa keuntungan lain yang dapat diperhitungkan, yaitu:

  • Minim Traveling

Dibanding dengan pekerjaan umum, bisnis E-Commerce sangat minim traveling. Bahkan, apabila bisnis yang dijalankan personal, semua urusan dapat diselesaikan di rumah.

  • Jam Kerja Dapat Diatur Sendiri

Selain minim traveling, bisnis e-commerce cenderung fleksibel soal jam kerja. Memang, ada beberapa bisnis yang lebih laku ditawarkan saat jam kerja. Namun, kebanyakan bisnis e-commerce dapat dikerjakan dengan metode ‘cicilan’ alias dikerjakan sedikit-sedikit sesuai dengan waktu yang dimiliki.

  • Tempat Bisnis dan Promosi Jadi Satu

Bisnis umum biasanya harus membagi usaha berbisnis dan promosi karena lahannya berbeda. Namun, dengan bisnis e-commerce, pengusaha tidak perlu pusing memisahkan kedua komponen ini karena semuanya dapat dijalankan dengan satu gawai saja.

  • Pelaksanaan Mudah

Kembali ke metode ‘cicilan’. Karena pengusaha bisa menyicil pesanan, pekerjaan dapat disiapkan sebelum order datang. Jadi, dalam waktu deadline pengerjaannya dapat dilakukan dengan lebih santai namun efektif.

Jadi Pengusaha atau Anggota?

Tidak bisa dipungkiri bahwa di zaman ini sudah banyak bisnis e-commerce yang berkembang. Mereka bahkan membuka lowongan bagi masyarakat umum dengan bayaran yang cukup menggiurkan. Tidak heran bahwa mengikuti jejak atau masuk dibawah naungan bisnis E-Commerce menjadi perdebatan panas.

Sebenarnya, untuk menyelesaikan perdebatan ini mudah saja. Cukup lihat kemampuan masing-masing dan sesuaikan dengan kelebihan tiap pilihan:

  • Menjadi anggota (misalnya driver ojek online atau berdagang online) usaha E-Commerce berarti menggunakan jasa mereka secara tidak langsung. Namun, hal ini bukan berarti pekerjaan yang dijalankan tidak dilakukan secara mandiri. Cara kerja sama saja, namun anggota dapat mengkalkulasi pendapatan perbulan.
  • Menjadi pengusaha E-Commerce berarti membuka usaha dengan modal sendiri. Hasil yang didapat pastinya jauh lebih besar, namun kegagalan dan kebangkrutan akan selalu menghantui.

Platform internet memudahkan bisnis E-Commerce untuk berjalan. Saking mudahnya dijalankan, pengusaha dapat melakukan bisnis sembari multitasking dan masih mendapat hasil yang optimal. Tunggu apa lagi, mulai bisnis baru dengan menggunakan platform E-Commerce!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *