Panen Raya, Bulog Serap Gabah Petani di Ngawi serta Madiun

panen-rayaMasuk saat panen raya 2017, Bulog Sub Divre IV Madiun, Jawa Timur beli gabah kering dari beberapa petani di lokasi Madiun serta Ngawi.

Bulog beli gabah kering panen seharga Rp 3. 700 per kg (kg). ” Kami telah mulai lakukan penyerapan atau pembelian gabah dari petani di lokasi Ngawi serta Madiun lewat tim Satker ADA DN 2017 serta mitra kerja. Gabah yang dibeli dengan harga Rp 3. 700 mesti sesuai sama spesifikasi dengan kandungan air maksimum 25 % serta hampa kotoran maksimum 10 %, ” kata Kepala Sub Divre Bulog Lokasi IV Madiun, Antok Hendriyanto, Jumat (10/2/2017).

Antok menyampaikan penyerapan atau pembelian gabah dari petani telah dikerjakan mulai sejak satu minggu waktu lalu. ” Tadi kami menyerap gabah kering panen punya petani di Kecamatan Kewadungan serta Kecamatan Pangkur dengan keseluruhan yang dibeli 40 ton. Untuk minggu lantas, gabah kering panen yang dibeli meraih 250 ton, ” kata Antok.

Antok menyampaikan Tim Satker Pengadaan ADA DN serta mitra kerja bakal beli gabah dari petani, sepanjang gabah yang di jual penuhi kwalifikasi serta kwalitas yang dipersyaratkan.

Diluar itu tim pengadaan bakal beli gabah kering panen punya petani sesuai sama ketetapan harga yang diputuskan pemerintah. ” Bila gabah kering panen yang di jual petani sesuai sama spesifikasi jadi bakal dibeli Rp 3. 700. Sesaat apabila kandungan air di atas 25 % serta kotorannya diatas 10 % jadi bakal tetaplah dibeli harga nya variasi dari mulai Rp 3. 500 per kg, ” kata Antok.

Dalam penyerapan itu, tim Satker Pengadaan Dalam Negeri 2017 bermitra dengan Gapoktan, KTNA, KUD di lokasi Sub Divre IV Madiun. ” Kami telah mensosialisasikan pengadaan gabah ke mitra kerja Bulog serta Gapoktan di lokasi Perum Bulog Subdrive Madiun, ” tandas Antok.

Harga Gabah Anjlok, Bulog serta PPI Disuruh Selekasnya Serap Produksi Petani

Pemerintah mengadakan rapat koordinasi berkaitan permasalahan pangan di Kantor Koordinator Perekonomian, Jakarta, Rabu (1/2/2017).

Selesai rapat, Menteri Pertanian Amran Sulaiman menyampaikan kalau pemerintah bakal berusaha secepat mungkin saja merampungkan permasalahan anjloknya harga gabah di tingkat petani di beberapa daerah. ” Ada tujuh kabupaten yang harga nya jatuh, jadi kami selekasnya bergerak cepat, ” tutur Amran.

Pemerintah memohon supaya Bulog serta Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) untuk bergerak cepat untuk beli gabah dari petani dengan harga sesuai sama Harga Pembelian Pemerintah (HPP).

Sekarang ini, harga gabah di tujuh kabupaten ada di kisaran Rp 3. 500 per kg. Walau sebenarnya pada awal Januari harga nya dapat meraih Rp 4. 000 sampai Rp 5. 000 per kg.

Terkecuali harga gabah, pemerintah juga memerhatikan harga bawang yang juga turut jatuh. Walau sebenarnya katanya, pemerintah telah bangun lumbung bawang 100 hektar di Solok, Sumatera Barat.

” Yang utama kami dorong Bulog serta PPI (Perusahaan Perdagangan Indonesia) untuk bergerak cepat, ” kata Amran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *