Penilaian Masyarakat Terhadap Dunkin Donuts Dengan Jco Donuts

Donuts adalah salah satu jenis yang sangat familiar di lidah masyarakat Indonesia. Hanya saja, hingga saat ini tidak ada yang mengetahui darimana asal makanan berbentuk bulat ini. Ada yang berbependat jika donat berasal dari Amerika Utara yang dibawa oleh para imigran dari Belanda. Dahulu, orang-orang eropa menjadikan kue donat untuk makan penutup.

Di Indonesia sendri kue donat sebenarnya sudah dikenal oleh masyarakat sejahk dahulu kala, kala itu donat di Indonesia hanya dibuat secara sederhana, yakni hanya dilumuri dengan tepung gula. Namun, ditahun 1990 an data seorang ritel yang berasal dari Amerika Serikat bernama Dunkin Donuts yang mencoba untuk memperkenalkan kue donut dengan bentuk dan tampulan yang lebih ekslusif. Sejak saatu ini kue kue donut lebih mudah dijumpai pada mall diseluruh Indonesia.

Donat (restaurantnews.com)
Namun Harga Dunkin Donuts ditawarkan memang lebih mahal dibandingkan dengan donut pada umumnya. Selain itu, kue donut yang dihadirkan pun rasanya lebih beragam dan bervariasi, sehingga tak mengherankan jika Dunkin Donuts terus berkembang dengan pesat di Indonesia.

Hanya saja, disekitar tahun 2005 seorang pengusaha sukses asal Indonesia bernama Johnny Andrean mencoba mendirikan sebuah gerai Jco Donuts & Coffee. Sejak saat itu, keberadaan Jco Donuts & Coffee dianggap sebagai pesaing utama dari Dunkin Donuts. Meskipun untuk harga Jco terbilang lebih mahal dibandingkan Dunkin Donuts namun banyak masyarakat yang memilh membeli donut di Jco.

Johnny sendiri sebagai pemilik Jco mendirikan gerai donut tanpa memiliki induk dari waralaba Amerika. Dia adalah seorang pengusaha kue donut yang menciptakan produknya dengan hasil kreasi dan merk sendiri.

Penilaian Masyarakat
Semakin banyaknya gerai kue donut yang buka di pasara Indonesia, membuat pecinta kue donut beralih dari Dunkin Donuts ke Jco Donuts . Ini bisa dibuktikan dengan penilain masyarakat yang tampaknya lebih condong untuk membeli donat di Jco Donuts, seperti dari hasil penilai masyarakat melalui forum terbesar di Indonesia, yakni forum Kaskus.

Dimana dari hasil penilaian tersebut didapatkan hasil 19 % konsumen lebih memilih membeli donut di Dunkin Donuts. Sedangkan 58 % lebih memilih membeli donut di Jco, adapun 22  %lainnya mengaku suka dengan Dunkin Donuts Dengan Jco Donuts.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *