Nyali Ciut Mau Berbisnis? Tips Bisnis Untuk Pemula Ini Bantu Kamu Dari Nol

Tips Bisnis Untuk Pemula – Pemula, mungkin mendengar kata sukses sudah langsung pengen ikut terjun dalam bisnis yang sama. Ya, memang membutuhkan proses yang nggak sebentar, tapi kalau dengar kata sukses, mau nggak mau harus memulai berbisnis dulu. Banyak kalangan masyarakat yang benar-benar pengen jadi pengusaha atau pebisnis, tetapi kadang tidak bisa menjadi realita sebab beberapa hal yang dijadikan kendala. Misalnya, kondisi bisnis yang tidak berkembang sehingga mulai putus asa dan akhirnya menjadi karyawan adalah pilihan terakhir.

Nyali Ciut Mau Berbisnis? Tips Bisnis Untuk Pemula Ini Bantu Kamu Dari Nol
Padahal, untuk berbisnis dibutuhkan banyak pengalaman, dan pengalaman itu hanya bisa didapatkan saat kita memulai bisnis tersebut. Jadi adalah lumrah kalau sampai bisnis mengalami jatuh dan bangun. Untuk bisnis yang meraup keuntungan tinggi, kadang dibutuhkan keahlian, bakat dan perencanaan yang benar. Ada beberapa yang berpendapat bahwa menjadi pengusaha itu karena bakat. Padahal nggak juga. Seseorang yang mau belajar dan bekerja keras bisa mengalahkan seseorang yang sudah lahir dengan bakat tinggi. Nah, buat kamu yang mau merintis bisnis dari nol tapi masih punya nyai ciut, ini beberapa tips bisnis untuk pemula yang bisa kamu coba.

1. Fokus
Kamu tidak perlu menjalankan banyak bisnis, sebab hal ini akan membuat fokus kamu benar-benar pecah dan yang ada semua perencanaan bisa menjadi kacau. Untuk memulai sebuah bisnis, cukup pelajari dan fokus pada satu saja bisnis yang berpeluang tinggi. Saat kamu bisa menggali semua informasi dalam bisnis tersebut dan terus belajar dari ide-ide sederhana kamu, kamu bisa kok mengembangkan bisnis kamu dengan penghasilan yang bisa jauh lebih gede dari orang yang punya banyak usaha.

Nah, jika kamu memang mampu mengatur dan cukup cekatan dalam hal mengambil keputusan, barulah kamu bisa memulai banyak bisnis. Tetapi, fokus pada satu usaha itu sebenarnya bisa membantu kamu menumpahkan semua ide, pikiran dan langkah pada satu bisnis saja supaya bisa terarah dan berkembang.

2. Awali dari bisnis yang kamu suka
Sederhananya, kalau kamu melakukan aktivitas sehari-hari seperti mencuci piring, kalo pake ngedumel tentu jadi nggak enak. Piring mungkin bisa pecah semua, atau kurang bersih. Berbeda kalau kita berniat melakukan apapun sepenuh hati. Begitu juga dengan bisnis, apalagi yang penuh resiko seperti mengalami kerugian, sepi pelanggan atau apapun yang bisa menguji mental dan kesebaran. Dibutuhkan ketekunan dan kesabaran. Untuk itu, saat memilih bisnis yang ingin dikembangkan, sebaiknya geluti dengan niat. Seseorang yang sukses karena membuka usaha memang dikarenakan niat dari hati. Jadi, jangan sampai tergiur bisnis teman, padahal kamu tidak ada passion didalam bidang itu.

Akan lebih baik kalau kamu menjalankan bisnis yang tidak umum, yang mungkin akan diketawakan teman kamu, tetapi bisnis ini sudah melekat dan bisa kamu jalankan sepenuh hati, asal kamu tetap membaca peluang guna mendukung kelangsungan bisnismu.

3. Mulai kuasai semua pengetahuan untuk bisnis kamu
Setelah fokus dan memulai bisnis dari yang kamu suka, selanjutnya yang harus kamu siapkan adalah memulai menguasai semua materi dan pengetahuan yang bisa kamu gunakan sebagai cara untuk menjaga bisnis agar tetap berjalan. Jika kamu butuh investor, maka harus dimaklumi bahwa bisnis yang baru dirintis sangat minim minat dari investor. Untuk itu, saat ada peluang bahwa investor sedang mencari bisnis baru, maka kamu harus segera menyiapkan segala rencana dengan matang, pelajari semua materi dan jelaskan sejelas-jelasnya.

4. Mau terus belajar dari orang lain
Mulailah belajar dari orang lain, sebab tidak ada orang yang tidak bermanfaat. Walaupun seseorang itu pengangguran, tetap saja ada sesuatu yang bisa kamu pelajari untuk menjadikan kamu pribadi yang lebih baik terutama untuk mengembangkan ide bisnismu. Kamu bisa berkonsultasi dengan teman, mentor atau mungkin motivator yang sukses duluan supaya kamu bisa mempelajari apapun walau cuman seujung jari. Tips bisnis untuk pemula ini juga bisa dilakukan dengan menunjuk seseorang yang tepat untuk kamu jadikan teman curhat, penasehat atau teman berdiskusi. Jadilah pribadi yang lebih banyak mendengar, ketimbang lebih banyak berbicara jika ingin sukses dalam segala hal.

5. Mulai hidup sederhana
Karena kamu akan segera fokus pada bisnis dan mempelajari semua pengetahuan untuk membantu bisnismu berkembang, lupakan hura-hura dan segala kesenangan yang hanya membuat usiamu termakan sia-sia. Tinggalkan gaya hidup yang tidak penting seperti makan mewah, mobil mewah, rumah besar atau apapun yang berbau kemewahan. Kamu akan menggunakan sebagian besar uangmu untuk membuka bisnis yang dengan ketekunan, kamu bisa menikmati hasilnya di akhir nanti.

6. Kegagalan itu selalu terjadi, terbiasalah!
Terbiasalah menerima kegagalan. Nggak ada bisnis yang baru dirintis bisa langsung melejit sukses. Dibutuhkan berulang kali kegagalan yang mungkin sudah nggak bisa dihitung. Apalagi untuk dunia pasti yang tidak pasti. Keputusannya adalah akankah kamu terus diam tak bergerak, atau terus maju walaupun harus terjatuh berulang kali. Saat maju, ada banyak kegagalan yang bisa terjadi, tetapi kamu bisa belajar dan jadi tahu penyebab kegagalan itu sendiri sehingga kamu bisa menghindarinya di lain waktu. Dengan terus belajar dari kegagalan, kamu bisa menemukan ide dan rencana baru yang lebih baik dan bisa membantu bisnis mulai tampak hasilnya.

Itulah informasi tentang tips bisnis untuk pemula, terus semangat dan pantang menyerah ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *