Bisnis Sampingan Ini Cocok Buat Kamu Yang Suka Bidang Jasa

Bisnis Sampingan – Barangkali kamu pengen ninggalin kerjaan kamu yang sekarang untuk buka kerjaan sendiri sebab kamu capek terus-terusan jadi karyawan. Disisi lain, kamu juga dilemma sebab resiko memulai bisnis dari awal bisa cukup besar, saat bisnis kacau dan kerjaan yang kamu putuskan untuk ditinggalkan malah membuat kamu jatuh dari nol, ada solusi tepat yang bisa kamu lakukan yaitu dengan mebmuka usaha sampingan. Usaha sampingan selain itu juga bisa dijalankan dengan menunjuk keluarga atau mungkin istri kamu yang menjadi ibu rumah tangga di rumah. Usaha sampingan bisa menjadi sumber untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Bisnis Sampingan Ini Cocok Buat Kamu Yang Suka Bidang Jasa

Nah, untuk kamu yang merasa mirip dengan kondisi tersebut, ada baiknya mencoba menyisihkan gaji bulanan dari hasil kerja sebagai karyawan untuk membuka bisnis sampingan. Bisnis ini bisa dijalankan sebagai usaha skala kecil yang berarti modalnya pun tidak perlu banyak. Agar tidak membutuhkan biaya untuk membayar karyawan, kamu cukup melibatkan keluarga. Sementara hasil dari bisnis ini bisa disisihkan untuk memenuhi belanja bulanan agar gaji dari kerja karyawanmu bisa ditabung. Untuk kamu yang sedang bingung mencari pilihan usaha sampingan yang tepat, berikut beberapa ide yang bisa kamu coba, terutama untuk kamu yang lebih tertarik dengan bidang jasa. Bidang jasa juga bagus karena bisa dikerjakan oleh keluarga, tanpa harus punya skill khusus.

1. Buka laundry
Untuk lokasi perumahan, desa, area rumah kost dan dekat kampus, buka laundry bisa menjadi pilihan yang tepat. Bisnis ini terbilang populer dan mulai menjamur. Pilih tempat yang lebih dekat dengan kampus atau tempat kerja. Selain banyak yang berminat, harga saingnya pun cukup ketat. Modal yang dibutuhkan pun tidak banyak, yaitu sekitar 7,5 juta saja sudah bisa. Kamu bisa menyisihkan gaji kerja menjadi karyawan paling tidak yaitu 3 bulan dan kemudian, kamu bisa membeli mesin cuci dengan satu tabung otomatis juga mesin pengering. Gunakan sisa uangnya untuk perlengkapan lain seperti timbangan, setrika, dan plastik.

2. Cuci motor
Karena zaman sudah berubah dan semakin modern, banyak orang yang mulai beralih gaya hidupnya menjadi serba cepat dan ingin lebih praktis. Pola pikir seperti ini bisa dijadikan peluang untuk membuka jasa cuci motor. Bahkan, banyak orang yang rela antri sampai berjam-jam supaya motornya bisa dapat giliran untuk segera di cuci, padahal kalau dicuci sendiri di rumah akan lebih cepat. Bisa dibilang bahwa bisnis ini selalu ramai sebab banyak yang ingin mendapatkan kualitas pencucian yang bersih tanpa memerlukan banyak tenaga dan bisa membayar tenaga tersebut dengan harga yang cukup miring.

Untuk modalnya pun tidak terlalu mahal. Kamu bisa membuka jasa ini dengan memulai menawarkan jasa cuci motor dulu. Sediakan pompa air, kompresor, sabun motor, peralatan semir ban motor dan kain lap itu saja dulu dengan total pengeluaran sekitar 2 juta saja. Untuk membuka yang lebih profesional, cukup sediakan sekitar 10 juta rupiah. Biasanya, anda harus membayar sewa tempat sekitar 2 juta rupiah, peralatan 5 juta rupiah dan biaya operasional termasuk untuk membayar pegawai dengan total 3 juta rupiah.

3. Desain grafis
Punya bakat mendesain dan jago desain grafis? Kenapa nggak buka jasa aja buat bisnis sampingan? Tawarkan jasa ini pada teman atau kenalan. Bahkan kamu bisa menawarkannya secara terbuka di media sosial. Atau, kamu bisa menggunakan beberapa marketplace yang membuka jual beli desain grafis. Kamu pun bisa memulai bisnis ini tanpa modal. Yang kamu perlukan hanyalah keahlian mendsain, koneksi internet dan kualitas layanan yang harus tetap dijaga, sebab para calon pembeli cenderung memberikan batas waktu untuk menyesaikan desain yang kamu kerjakan.

4. Buka les privat
Untuk kamu yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin menambah uang jajan atau uang tabungan untuk bayar kuliah, kamu bisa buka les privat untuk memulai bisnis ini. kamu juga bisa mencoba buka les lainnya seperti les bermusik atau bahasa asing. Untuk memulai, kamu mungkin harus datang setiap hari ke rumah semua murid kamu, tetapi ketika kamu mulai dikenal dan punya banyak murid, kamu bisa menjadikan rumah kamu sebagai rumah untuk les, misalnya dengan merenovasi rumah dan menambahkan ruangan untuk kelasnya.

Kalau kamu datang ke rumah semua murid, modal yang dibutuhkan hanyalah uang transportasi. Sedangkan kalau kamu buka les privat di rumah, maka dengan modal 1 juta saja sudah bagus untuk peralatan tulis dan ruang belajar.

5. Menjahit
Nah, kamu mungkin juga punya ketrampilan menjahit yang bisa kamu manfaatkan untuk usaha sampingan. Walau terdengar kurang menarik untuk zaman sekarang, tetapi yang terpetning adalah kamu bisa membuat waktu luang kamu menjadi jauh menghasilkan. Untuk memulainya, kamu bisa membeli mesin jahit bekas dulu, pesan juga meisn obras dan peralatan lainnya yang membutuhkan dana kurang lebih 2 juta rupiah. Kemudian, kamu bisa membuka jasa tersebut untuk orang-orang di sekitar rumah. Pesanan jahit sebaiknya dibatasi dulu supaya bisa menjaga kualitas dan dikerjakan berdasarkan kemampuan. Kalau kamu sudah mulai dikenal, kamu bisa membayar tenaga kerja atau membuka kios jahit.

Itulah informasi bisnis sampingan yang bisa kamu coba, semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *